Tuesday, February 9, 2016

TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS BMW


Buat agan yang ingin membeli mobil bekas dari bmw, banyak hal yang perlu anda perhatikan ketika anda hendak membelinya, berikut saya jelaskan hal - hal apa saja yang harus diperhatikan supaya anda mendapat mobil impian yang cocok dan puas tidak banyak kendala.

Tahun

Tahun pada mobil tidak menjadi patokan untuk anda membeli mobil, percuma saja jika tahun muda tetapi KM mobil sudah banyak, Asumsinya setiap tahun 10rb Km, kurang dari itu lebih baik. Berati jika mobil sudah berumur 15 Thn maksimal KM mobil 150.000. 



Mesin

Dari sisi mesin, karena bmw memilki banyak varian mesin di satu seri bmw, mungkin membuat anda sedikit bingung, misal 318 beranti dengan mesin kapasitas 1800cc, 320 2000cc, 323 2500cc dst. Nah jika anda menginginkan mobil mewah namun irit cukup amabil 318i, Jika anda suka dengan tenaganya ambil 320 atau 323 sekalian. Ketika anda hendak mengecek bagian mesin perhatikan sbb :
- Lamsam mesin ( stabil atau tersendat ) jika stabil di RPM 700 s/d 800 berari normal, jika tidak rata atau tersendat berati dalam kondisi kurang baik.
- Fisik mesin, fisik mesin juga mempengaruhi kebiasaan pengguna sebelumnya jika terlihat kotor dan acak acakan, mungkin jarang di servis atau penguna sebulumnya asal pakai saja.
- Rembesan oli, Perhatikan di seluruh bagian mesin apakan terdapat rembesan oli, misalkan di bagian bawah atau carter, rack power streering dll.
- Suara kasar, terbilang kasar memang mesin BMW jika dibandingkan dengan mobil lain, akan tetapi ada batasan seberapa kasar mesin tersbut, jika anda mendengar bunti tek tek tek tik tik tik perlu anda waspadai pada bagian kepala silinder.
- Asap putih, Jika mobil ternyata berasap kemungkinan ada kerusakan pada mesin, bisa terjadi pada piston atau ring piston yang sudah aus.
- Asap hitam, asap ini timbul jika ada ketidak sesuaian sistem bahan bakar pada mobil.

Kaki - kaki

Pada bagian kaki - kaki, yang perlu anda cek adalah shockbreaker lihat fisik apakah terlihat oli yang menetes, Ball joint dan tie road cukup anda dongkrak dan goyangkan ban mobilnya, jika terasa oblak perlu adan wapadai komponen tersebut. Lihat keterbalan kanvas rem. Cek juga ban dan velg jika anda penyuka modifikasi tanyakan merek dan kualitas velgnya, jika tidak cukup dengan velg ori dan standar, perhatikan kembang atau keausan ban mobil

Exterior

Dari sisi  exterior coba anda cek di setiap sudut bagian mobil, terlihat banyak goresan atau tidak, dan tanyakan kapada pemilik sudah pernah cat ulang atau belum ?, kemudian anda cek bagian kolong banyak terdapat keropos tidak. Lihat semua kaca mobilnya terdapat goresan parah atau bahkan terdapat keretakan. Cek terpenting pada kaca bagian depan.

Interoir

Interior mobil mencerminkan pekainya dulu, jika rapih berati pemakainya rajin dan rapih jika tidak berati sebaliknya. Pada interior silahkan anda cek mulai dari jok, flafon karpet dasboard dortrim, usakahan tidak ada komponen yang hilang.

Kelistrikan

Untuk  bagian kelistrikan, anda cek semua lampu - lampu, mulai dari depan, sein, parkir, rem dll pastikan semua berfungsi dengan baik. Power window anda tes semua pada pintu pintunya, Elekrik miror atau spion, anda coba cek juga, Central lock, Audio juga perlu anda cek semua harus berfungsi dengan baik. Periksa jiga bagian baterainya. ada beberapa bmw yang menempatkan baterai pada bagian mesin, ini kurang bagus ya gan, usahakan baterai ada di bagian bagasi belakang.

Ac

Dalam pengecekan ac memang harus anda perhatikan benar benar, dari bagian kompresor ac yang terdapat pada mesin anda perhatikan jika ac pada saat pertama kali dinyakalan terdapat bunyi ngrorok pada kompresor tidak, jika halus berati dalam keadaan baik. Otomatis AC, bsiayanya kompreseor  akan secara otomatik berhenti jika suhu sudah terpenuhi, Perhatikan juga kisi - kisi ac, jangan sampai ada yang retak atau patah, Cek panel ac, yang terpenting adalah ac masih dingin atau tidak.

Asesories

Jika anda pengegemar asesoris atau modifikasi, berarti anda harus mengecek apakah komponen aksesoris terpasang dengan baik atau tidak, minta part originalnya, Jika anda menyukai originalitas berarti anda anda cukup mengecek kondisi dan kelengakapannya saja.

Dokumen

Terakhir cek dokumen negaranya ya gan, Pastikan STNK masih hidup, baiknya mobil atas nama sendiri, BPKB dan faktur lengkap, Cek nomor rangka dan nomor mesin, cocokan dengan dengan dokumennya.
buat kwitansi penbelian dengan dibubuhi materai 6000rb.

Jika anda hendak membeli mobil tersbut usahakan print postingan ini ya gan heeee, buat dibawa ketika anda mengecek mobil yang akan anda beli. Supaya tidak membeli kucing dalam karung.


3 comments:

  1. Thanks..makasi infonya, gan.. Suksesselalu..

    ReplyDelete
  2. nice info gan

    kebetulan saya mau beli bmw e36 januari nanti

    bmw e36 rewel ga sih gan?

    cz ini insya Allah first car saya,tapi saya bener2 buta tentang bmw

    rencana nanti pengen ane modif buat dijadiin steering hand control karena saya difabel

    buat daily use mending ambil 318i, 320i ata 323i ? n masalah spare part sama mitsubishi lancer mahalan mana?

    tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok gan The Better Choice Gan milih BMW E36
      Mobil ini asal dirawat dengan benar enak gan tidak rewel.
      Semoga mendjadi mobil pertama yang membawa kenangan.
      Saran saya jika baru pertama kali pilih 318i
      dari sisi BBM lebih irit dan dari sisi perawatan mesin lebih murah.

      Delete