Wednesday, January 20, 2016

BUNYI TIK TIK ATAU TEK TEK PADA MESIN

Seperti orang mau jualan mie aja ya gan, tek - tek dan tik tik, terasa sangat tidak nyaman jika bunyi tersebut terdengar pada mesin mobil kesayangan kita, berikut analisa terjadinya bunyi bunyi terebut, khususnya di BMW M40,

- HVA atau Hydraulic Valve Adjuster bermasalah, berfungsi untuk merapatkan celah otomatis pada setelan katup. jika komponen ini tidak bekerja dengan baik, atau sudah aus maka celah akan semakin renggang dan bunyi tersebut bisa ditimbulkan.

- Rocker arm aus, rocker arm berada diantara katup dan HVA dan noken as atau camshaft, jika komponen ini sudah aus maka bunyi bisa ditimbulkan.


- Camshaft, kinerja HVA dan Rocker arm di kendalikan oleh noken as, mekanisme kerjanya dengan menekan rocker arm, kemudian akan menekan bukaan katup sesuai dengan kebutuhan mesin, jika rocker arm sudah aus makan katup tidak akan sempurna dalam membuka dan menutup, hasilnya bisa menjadi boros bbm, dan menimbulkan bunyi - bunyi tersebut.

- Pemakaian oli yang tidak tepat bisa menyumbat sirkulasi oli pada mesin, sehingga  terdapat komponen tertentu tidak dapat dialiri oli dengan baik.

Sedikit postingan diatas semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment