Saturday, September 3, 2016

MESIN BISA STARTER TIDAK MAU HIDUP BMW M40


Pada kasus ini pernah saya alami ketika mobil dalam keadaan normal dan tidak ada gejala - gejala mobil mogok, Karena mobil sehabis digunakan seperti biasa, setelah diparkir 2 hari, tiba - tida mobil tidak bisa hidup. Di starter bisa akan tetapi tidak ada reaksi apa - apa, dan tidak ada tanda - tanda mesin akan hidup.

Pengecekan pun dimulai, pengecekan kondisi mesin dalam posisi seperti ini adalah dari 4 point penting yaitu pengapian, bahan bakar, elektrikal dan udara, dari point tersebut bisa kita analisa dari mana mesin tidak bisa hidup.

Langkah - langkah pengecekan.


1. Cek pengapian
Langkah ini dilakukan untuk mengecek pengapian dari busi, caranya anda lepas busi kemudian hubungkan dengan kabel busi lalu dekatkan ke body mobil dan starter, lihat apakah ada percikan api pada busi tersebut, jika ada dipastikan pengaian normal, jika tidak berati sebaliknya.
a. Jika ada pengapian ( Masalah Selesai )
b. Jika tidak ada pengapian, Anda mesti mengecek mulai dari koil hingga ke ECU. untuk type mesin BMW M40 anda cek distributornya.

2. Cek Bahan Bakar
cara ini cekup mudah, anda hanya cukup mengecek tekanan pompa bensin yang mengalir ke mesin, jika tidak terdapat tekanan maka, terjadi kesalahan pada sistem bahan bakar anda,
a. Fuelpump / Pompa bensin tidak bekerja
b. Relay/sikring rusak/putus
c. Bahan bakar kosong.
d. Periksa selang bahan bakar

3. Cek Udara
Pada pengecekan udara dilakukan dengan pengecekan jalur masuknya udara ke sistem bahan bakar / injeksi / karburator mobil anda, cukup dengan membersihkan atau mengganti filter udara mobil anda.

4. Cara terakhir Kelistrikan Elektrik
Cara ini adalah cara pamungkas jika dari ke tiga point diatas belum menemukan solusinya. yaitu dengan mengecek ECU, untuk mengecek komponen ini coba anda tukar ECU anda ke mobil dengan jenis yang sama.

Dari point diatas masalah yang saya temui adalah dengan mengecek pomp bensin dan ternyata soket arus litrik pompa bensin karatan/korosi yang menyebabkan arus ke pompa bensin tidak ada.

Semoga postingan ini bermanfaat, Untuk konsultasi silahkan ke menu Contact,

4 comments:

  1. mas jika arus min pada koel hilang nurutnya kemana

    ReplyDelete
  2. Coba ukur menggunakan tester tempelkan ke body mobil ada hubungan tidak ?

    ReplyDelete
  3. Saya juga ngalami hal yg serupa, apakah ada pengaruhnya di kabel busi dalam pengapian hingga mobil tidak bisa hidup?

    ReplyDelete
  4. Kabel busi dapat diukur dengan alat ukur tegangan. Kabel busi sangat jarang tejadi kesahan dalam pengecekan. Pada intinya jika ada busi yang mati 1 atau 2 pun mesin masih bisa hidup. Di bmw kemungkinan terburuknya disistem kelistrikan elektroniknya misal di modul ews atau di ecunya. Solusi tepat untuk mengatasinya diagnosa ddengan komputer.

    ReplyDelete