Sunday, December 27, 2015

TIPS MENGATASI MOBIL OVERHEAT


Pernahkan anda mengalami mobil overheat atau kepanasan, banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. berikut merupakan faktor - faktor yang menyebabkan terjadinya over heat,

1. Keringnya air radiator akibat kebocoran, Hal ini yang paling banyak dialamai kebanyakan mobil, sisterm radiator di desain untuk menjaga temperatur mesin sehingga pada suhu ideal, Kemungkinan terjadinya kebocoran pada radiator biasanya terjadi karena usia dan korosi pada kisi - kisi radioator yang mengakibatkan kebocoran. Solusinya anda bisa melakukan service atau mengganti dengan radiator baru.

2. Masih dalam cooling system mesin yaitu waterpump, fungsinya untuk memompa air radiator agar dapat mengalir dengan baik, Biasanya komponen ini terjadi kerusakan pada pompa dan seal yang sudah keras dan mengakibatkan kebocoran. sehingga air radiator dapat keluar dari waterpump. bisa juga terjadi kemacetan pada waterpump. ada baiknya lakukan penggantian waterpump secara berkala atau maksimal usia pakai 2 tahun komponen ini ada baiknya diganti.

3. Kebcoran pada sirkulasi air radiator, bisa terjadi pada selang radiator yang sudah mengeras dan kendor mengakibatkan air akan  mudah keluar pada selang.

4. Yang paling parah adalah kebocoran pada packing silinder head yang mengakibatkan air masuk kedalam ruang mesin. dan tercampur dengan oli mesin. Cirinya adalah air akan habis dan volume oli bertambah, dan berwarna keputiahan.

Pada intinya semua masalah diatas adalah terjadi karena sistem water cooling pada mobil anda. Solusi dari masalah diatas adalah cek dan ganti air radiator secara rutin. Apalagi anda hendak bepergian jauh atau keluar kota.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment