Lanjutan dari postingan sebelumnya kini saya akan membahas
bagaimana cara untuk melakukan turun mesin setengah dan apa saja tols yang
perlu anda sediakan. Khusus untuk postingan ini saya akan membahas turun mesin
BMW E36 M40 karena ini saya alami secara pribadi.
Pertama langkah yang perlu ada siapkan adalah berdoa,
heheeee, berikutnya ada wajib siapkan dana kisaran 5 jt sampai 10 juta
tergantung kebutuhan mengapa karena ritual turun setengan akan memerlukan
sparepart yang lumayan banyak dan lumayan juga harganya. Ada baiknya ketika
hendak turun mesin setengah anda harus siapkan matang matang karena nantinya
supaya hasilnya tidak setengah setengah.
Lalu tols apa saja yang perlu anda siapkan untuk membongkar
mesin anda haaaaahaaa harus bisa masangnya ya. Berikuit sacara rinci saya
jabarnkan tolsnya.
1. Kunci Pas / Ring 8,10,11, 13, 19
2. Kunci T 8, 10, 11, 13
3. Kunci Soket Bintang E12
4. Kunci Soket 1 Paket
5. Kunci L
6. Tang
7. Palu, Palu karet
8. Tracker Pembuka Katup
9. Kunci Busi
10. Obeng Minus (-) dan Plus (+)
11. Dongkrak
12. Kunci Inggris
13. Tracker Penahan Pully
Berikut gambar – gambar tools yang mungkin asing buat anda,
-
Intake manifold Beserta part yang ada pada manifold
seperti troutle selang bensin seleng vacuum, Boot Airflow Dll
-
Exshose manifold komponen ini terhunbung
langsung ke nalpot jadi anda hanya perlu melepas baut yang menenpel pada
sambuang nalpot dan exhouse manifold, melepasnya harus lewat kolong mobil.
Lepas semua businya.
2. Lepes semua komponen depan mesin seperti fan
blade, thermostat. radiator, selang selang radiator timing belt dan kabel busi.
Jangan lupa untuk membuang terlebih dahulu air radiatornya. Lepas semua penutup
atau cover silider head bagian depan. Pada proses ini tols yang digunakan
adalah kunci T8, T10, obeng minus (-), Kunci L 3, 6mm, Khusus untuk membuka
timing belt harus pada posisi TOP
seperti pada postingan berikut. Kunci Soket bintang E12 untuk membukan gear
timing belt.
-
Pipa saluran oli atau sering di sebut suling
Buka baut tengah dengan kunci T 12, Baut pinggir dengan kunci T 8.
-
Noken As Buka dengan menggunakan kunci T11 buka
pelahan dan rata semua bautnya
-
Rocker Arm jika Noken as sudah telepas makan
cukup angkat dengan tangan saja langsung.
-
HVA angkat dan kocok bila agak keras diangkatnya
tidak perlu tols khusus.
-
Katup untuk membuka katup setelah kepala
silinder turun. Gunakan treker pembuka katup untuk memudahka melepas dan
memsangnya kembali.
-
Jika semua komponen didalam kepala sinder sudah
terangkat maka anda tinggal membuka baut kepala sinlinder dengan menggunakan
kunci soket bintang E12. Terdapat 10 baut yang mengikat kepala silinder.
-
Jika semua sudah terbuka angkat perlahan dan
tarik ke atas kepala silindernya butuh 2 orang untuk mengangkatnya mencegah hal
yang tidak diinginkan.
ANALISA KERUSAKAN
Pada analisa kerusakan semua
komponen yang sudah terlepas wajib anda teliti dan analisa seberapa
kerusakannya, Banyak factor dan hal hal yang perlu anda perhatikan berikut
analisa kerusakannya per bagian atau komponennya :
Memeriksa noken as cukup mudah anda bandingkan
tingkat keausan benjolan benjolan pada noken as, Jika pada benjolan terdapat
banyak keausan maka noken as wajib anda ganti dengan yang baru, Jika hanya
beberapa titik saja maksimal 4 titik bisa anda repair dengan menambal bagian
yang aus dan meratakanya kembali, anda bawa ke tukang bubut noken as, ukurannya
disamakan dengan benjolan noken as yang masih baik.
Sama halnya dengan noken as kerusakan pada
komponen ini adalah keausan, keausan terjadi pada bantalan yang bergesekan
dengan noken as pada saat mesin berputar, Seharusnya bantalan ini agak sedikit
melengkung keatas jika dalam kondisi baik. Jika bantalan sudah rata maka sudah
pasti aus atau bantalan tidak rata dan anda periksa keausan pada dudukan HVA
pada rocker arm bentuknya cekungan lingkaran periksa tingkat keausannya.
Kembali lagi jika budget cekak anda bisa repair rocker arm kepada tukang bubut.
Namun ada baiknya ganti semua rocker armnya ada 8 Pcs untuk menjaga kesetabilan
rocker arm semuanya.
HVA atau Hidrolik Vilter Adjuster adalah
komponen yang otomatis menyesuaikan celah antara katup dan rocker arm, makanya
pada mesin ini tidak menggunakan stelan katup yang sering anda temui pada mesin
mesin lain. Untuk memeriksanya anda ukur dengan menggunakan penggaris / Vernier
caliper / jangka sorong, Ukuran ketinggian HVA dalam kondisi baik adalah 4,87mm
, dalam kondisi tidak baik kurang dari 4,6mm. Berikutnya jika kepala HVA tidak
dapat di putar ada kemungkinan HVA macet. Ada baiknya HVA anda ganti semua
8Pcs.
Untuk katup anda cek setingan rumah katup
masih tebal tidak atau sudah dalam, jika masih tebal cukup anda sekir ulang
untuk menambah kerapatan katup. Jika terdapat katup bengkok segera anda ganti,
Katup tidak perlu anda ganti semua hanya mengecek tingkat kerapatanya saja
5. Timing Belt
Timing belt perlu anda ganti jika sudah menginjak usia 20.000 km
6. Termostat Wajib anda ganti.
5. Timing Belt
Timing belt perlu anda ganti jika sudah menginjak usia 20.000 km
6. Termostat Wajib anda ganti.
Tidak perlu anda periksa ganti saja untuk
mencegah mesin over heat.
7. Jika semua komponen diatas sudah anda analisa semua kerusakannya selanjutnya anda persiapkan komponen pengnatinya entah baru atau hasil repair.
7. Jika semua komponen diatas sudah anda analisa semua kerusakannya selanjutnya anda persiapkan komponen pengnatinya entah baru atau hasil repair.
Paking TOP set pada proses pemasangan adalah part yang harus
anda beli. Karena semua paking dan seal yang sudah anda buka harus anda ganti
semua.
Pada proses pemasangan adalah kebalikan dari pembongkaran /
pelepasan dimana komponen yang terakhir kali dibuka makan itu merupakan
komponen yang pertama kali dipasang pada proses pemasangan.
Sebelum anda
melakukan pemasangan anda wajib membersihkan kompenen yang hendak anda pasang
kembali, banyak cara dilakukan untuk membersihkannya bisa anda gunakan bensin,
carbucleanner atau pembersih yang lain.
Untuk membersihkan kepala silinder hingga besih anda bisa
gunakan pemnbersih poreselen kamar mandi, gunakan berulang ulang dan bilas
hingga bersih.
Sebelum memasang silinder head pada mesin telebih dahulu
anda pastikan semua katup sudah terpasang, jangan lupa anda ganti semua seal
katupnya Pasang paking silinder head terlebih dahulu, Paking ini tidak perlu
anda tambahkan lem lagi. Karena sudah terdapat perekat khusus pada pakingnya.
SIlinder head sudah nempel pada mesin, Kencangkan semua baut
silinder head dengan kunci soket bintang E12, ingat pada proses pemasagan harus
rata dan tahapannya mulai dari baud paling tengah terlebih dahulu untuk
mencegah silinder head bocor atau tidak rapat. Gunakan kunci momen bila perlu
atau jika tidak punya gunakan filing anda.
Pasang kembali rocker arm HVA dan noken as pada posisinnya
kencangkan semua bautnya dengan rata. Jika semua sudah terpasang kemudian
pasang suling atau pipa saluran oli.
Semua komponen kepala silinder sudah terpasang, maka
selanjutnya proses pemasangan kompoenen depan mesin mulai dari pemsangan gear
timing belt dan semua kompenen lainnya hingga semua terpasang kembali. Ingat
pemsangan gear harus sesuai TOP disarankan pada saat proses pelepasan jangan
sekali kali anda memutar mesin untuk mencegah TOP bergeser.
Semua komponen, seal, dan paking sudah selesai dipasang kini
anda pasang kembali komponen intake manifold dan exhouse manifold, Yang perlu
anda perhatikan adalah komponen intake manifold pada bagian ini anda harus
bersihkan terlebih dahulu sebelum anda pasang misalnya besrihkan salurah
intake, injector, troutle carburetor, dan bagian lainnya.
Selesai saatnya anda putar kunci kontak, Eit sabar sobat isi
dulu air radiatornya heheheeee.
Selamat mencoba dan semoga artikel ini menbantu agan agan
semua. Jangan lupa like dan komentarnya ya.
No comments:
Post a Comment